Selasa, 21 Juli 2009

KESULITAN YANG MEMBAWA KESUKSESAN BESAR

Apa reaksi Anda ketika kesulitan menghampiri Anda? Bagaimana jika kesulitan tersebut datang bertubi-tubi seperti ombak yang tak pernah berhenti menderu?

Satu hal yang bisa kita simpulkan adalah bahwa ketika kesulitan datang, banyak orang yang akan merasa tak berdaya, lemah dan seperti kehilangan semangat. Itulah yang mungkin sering terjadi pada kebanyakan orang. Tetapi apakah Anda pernah mensyukuri kesulitan-kesulitan yang pernah Anda alami sepanjang hidup ini?

Baru-baru ini muncul sebuah film yang cukup menghebohkan perhatian dunia yaitu “SLUMDOG MILLIONAIRE”. Film ini berhasil memenangkan 8 penghargaan. Film ini dibuat di daerah Mumbai, India. Jika Anda belum pernah menontonnya, saya akan menceritakan ulasannya karena ada pesan yang sangat dalam dan bermakna tentang kehidupan.

Film ini mengisahkan tentang seorang anak pemukiman kumuh di Mumbai bernama Jamal. Pada umur 18 tahun, ia mengalami hal paling besar dalam hidupnya, karena ia mengikuti mega kuis “Who Wants To Be A Millionaire”. Ia berhasil memperoleh uang 10 juta Rupee (mata uang India). Ia tinggal selangkah lagi memenangkan uang 20 juta Rupee dan menjadi jutawan dengan menjawab pertanyaan terakhir. Tetapi sayang, acara harus dilanjutkan seminggu kemudian karena waktunya sudah habis.

Setelah acara usai, ia ditangkap polisi karena dituduh telah melakukan kecurangan; bagaimana mungkin seorang anak dari perkampungan kumuh, tidak sekolah, tetapi mampu menjawab semua soal dengan benar. Polisi curiga bagaimana mungkin anak ini bisa tahu sebanyak itu kecuali ia telah menipu.

Pada saat interogasi, Jamal mengatakan bahwa pengalaman serta kesulitan hidupnyalah yang telah membantunya. Ia menceritakan masa kecilnya di pemukiman kumuh bersama saudara kandungnya, pertemuannya dengan para geng jahat serta pertemuannya dengan Latika, wanita yang dicintainya. Semua kisah tersebut memberikan jawaban terhadap semua pertanyaan yang diajukan kepadanya di kuis tersebut. Pengalaman hidupnya telah membantunya menjawab soal-soal yang kelihatannya tidak mungkin dijawab olehnya.

Akhirnya ia pun dibebaskan dan kemudian pada saat harinya tiba, ia mengikuti kuis untuk menjawab soal terakhir. Berita ini sungguh menghebohkan, sehingga semua orang di seluruh India menyaksikan langsung kuis tersebut.

Bagaimana akhirnya? Dengan mengagumkan, ia menjawab pertanyaan terakhir dengan benar dan memenangkan uang sebesar 20 juta Rupee, sebuah prestasi yang sungguh membanggakan. Semua orang merayakannya, apa lagi orang-orang di perkampungan kumuh tempat ia tinggal saat kecil dulu. Seorang anak biasa mampu menjadi seorang millionaire berkat kesulitan dan pengalaman hidupnya yang pahit.

Sekarang kita balik skenarionya, andaikan ia tidak pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya, apakah mungkin ia menjadi sekarang ini? Inilah yang harus Anda resapi maknanya.

Mungkin Anda juga mengalami kesulitan dan menghadapi kenyataan hidup yang pahit. Jangan pernah menyalahkan siapa pun atas sesuatu hal buruk yang mungkin menimpa Anda. Setiap kesulitan sebenarnya membawa Anda menjadi lebih baik. Kesulitan itu sebenarnya datang untuk membuat Anda lebih kuat dan tegar di masa mendatang.

Sebagian besar orang merasa tak berdaya jika hal tersebut terjadi. Mereka menyalahkan hidup yang sungguh tidak adil. Mereka menganggap kesulitan sebagai sebuah bencana besar yang harus dihindari.

Ingatlah, kita tidak akan pernah diberikan kesulitan yang lebih besar daripada kemampuan diri kita untuk menyelesaikannya. Anda adalah sosok yang lebih besar dari kesulitan itu sendiri. Kesulitan sebenarnya tidak akan membuat Anda mengerut melainkan mengembang dalam arti bertumbuh lebih baik.

Sambutlah setiap kesulitan dengan jiwa yang besar, dan jika suatu saat Anda telah sukses dan berhasil, maka Anda pasti akan berterima kasih terhadap setiap kesulitan yang pernah Anda alami dan akan bersyukur bahwa Anda telah diperkuat oleh kesulitan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar