Selasa, 21 Juli 2009

APA YANG TIDAK MUNGKIN DICAPAI

Meskipun Anda mungkin sudah ribuan kali mendengar kata ini, “Nothing is Impossible”, tetapi banyak diantara kita yang masih tidak menerapkan kata-kata tersebut dalam hidup. Kita sering kali membuat batasan yang menghentikan kita dalam mencapai impian-impian kita. Bahkan kita sering sekali meyakinkan diri kita bahwa kita tidak sanggup dan tidak pantas untuk sukses, seakan-akan sukses itu adalah sesuatu yang sangat menakutkan dan ingin dijauhi. Atau mungkin kita mempercayai perkataan orang-orang yang mengatakan bahwa sesuatu itu tidak mungkin dilakukan. Dan lebih parah kita menelan perkataan itu mentah-mentah tanpa pernah membuktikan kebenarannya.

Anda pasti sering mendengar orang berkata, “itu tidak mungkin, sekarang kan lagi krisis”, “saya saja sudah mati-matian dan gagal, apalagi Anda”, “belum pernah ada yang berhasil”, “tidak mudah melakukan ini, sulit sekali” dan banyak perkataan negatif lainnya yang berusaha menjatuhkan Anda. Sayangnya, banyak orang-orang yang menerima itu sebagai kenyataan tanpa pernah membuktikannya. Mereka membenarkan itu semua. Itu semua dijadikan alasan untuk tidak berjuang untuk meraih kesuksesan. Mereka percaya dengan itu semua dan tetap berpegang teguh dengan keyakinan yang sangat membatasi tersebut. Mereka akan berjuang keras untuk mempertahankan keyakinan itu tidak peduli apakah keyakinan mereka mendorong atau bahkan menjauhkan mereka dari kesuksesan.

Tidak percaya, mari saya berikan Anda fakta dan bukti kuat yang akan menghancurkan semua mitos tersebut.

Anda pastinya sudah kenal dengan orang terkaya di dunia bernama Bill Gates, pemilik Microsoft. Pada 1980-an, ia pernah mengatakan dan yakin bahwa sebuah komputer tidak perlu dan tidak akan memiliki memory RAM lebih dari 250 Kilobyte. Tapi lihat sekarang, rata-rata memori untuk komputer berkisar antara DDR 1 – 4 Gigabyte, bahkan ada yang melebihi itu.

Harry Andrews, seorang pelatih olimpiade Inggris pada tahun 1903 mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk berlari 1 mil tidak akan pernah lebih cepat dari 4 menit 12 detik. Lihat sekarang, rekor lama terus bertumbangan.

Dr. Lee De Forest, yang dijuluki Bapak radio menjelaskan bahwa manusia tidak akan pernah menginjak bulan tidak peduli secanggih apapun teknologi masa depan. Lihatlah sekarang, jangankan bulan, planet Mars pun sudah pernah dieksplorasi. Bahkan sekarang, manusia sudah ada yang berwisata keluar angkasa.

Lord Kelvin, Presiden Royal Society pada tahun 1895, mengatakan bahwa tidak mungkin ada mesin yang lebih berat dari udara yang dapat terbang menjelajah langit. Tetapi, berkat Wright bersaudara, apa yang dikatakannya menjadi kenangan belaka. Bahkan sekarang, muncul AirBus Super Jumbo A380 bertingkat dua dimana orang dapat menikmati fasilitas super mewah di pesawat sambil nonton TV, minum, dan tiduran di First Class Suite layaknya apartemen mewah.

Seorang ahli astronomi Mesir, Ptolemy, mengatakan bahwa Bumi adalah pusat dari tata surya. Banyak orang pada saat itu sangat percaya. Sampai mitos itu dihancurkan dan terbukti bahwa yang menjadi pusat tata surya adalah matahari.

Kenal dengan 20th Century Fox, perusahaan perfilman terkenal. Bagi Anda penggemar film hollywood, kadang-kadang Anda akan melihat logo perusahaan itu disetiap awal film yang dibuatnya. Pada tahun 1946, Darryl F. Zanuck, kepala perusahaan ini meyakini bahwa televisi tidak akan bisa mempertahankan perhatian penonton setelah 6 bulan. Artinya setelah 6 bulan, pemirsa akan menjadi bosan dan meninggalkan televisi. Tapi di zaman sekarang, televisi sudah seperti teman akrab dan telah menjadi kebutuhan penting. Tidak ada televisi rasanya dunia ini membosankan, tak ada hiburan. Di setiap rumah bahkan ada yang memiliki lebih dari 1 televisi.

Kalau disebutkan lagi satu per satu, tidak akan selesai. Dari contoh di atas dapat dijadikan pelajaran berharga bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Bahkan apa yang diyakini oleh orang-orang hebat pada masa lalu ternyata dapat keliru. Apa yang diyakini sebagai hal yang tidak mungkin pada masa lalu menjadi mungkin pada masa sekarang dan apa yang tidak mungkin di masa sekarang akan menjadi mungkin di masa depan. Tinggal masalah waktu saja untuk menghancurkan mitos dan membuktikan bahwa segala sesuatu sangat mungkin.

Sekarang, pernahkah Anda meyakini sesuatu, tapi akhirnya Anda sadar bahwa Anda keliru. Saya yakin Anda pasti sering mengalami ini. Apakah hanya karena orang mengatakan kepada Anda hal itu atau hal ini tidak mungkin, lantas Anda percaya dan yakin begitu saja. Ingatlah contoh di atas, orang-orang hebat saja bisa keliru dan salah besar. Tidak ada batasan yang dimiliki manusia. Manusia memiliki kemampuan luar biasa dan tak terbatas untuk mewujudkan apa yang kelihatannya tidak mungkin. Begitu juga dengan Anda, Anda juga memiliki sumber daya yang mengagumkan untuk meraih dan mewujudkan apapun. Tidak ada yang berhak memberitahu Anda bahwa Anda tidak bisa. Tidak ada yang tidak bisa Anda wujudkan. Anda memiliki kemampuan untuk membuktikan bahwa apa yang mereka katakan adalah salah dan keliru. Keyakinan seperti inilah yang akan melambungkan hidup Anda menuju pencapaian sukses yang luar biasa.

Sebagai penutup, ingatlah kutipan inspiratif dari Napoleon Hill, pengarang buku Think and Grow Rich.

“Who said it could not be done? And tell me what great victories does he have to his credit which qualifies him to judge what can and can't be accomplished.”

(Siapa yang mengatakan bahwa itu tak bisa dilakukan? Dan beritahu saya kemenangan besar apa yang telah dia raih yang membuatnya memenuhi syarat untuk menilai apa yang bisa dan tidak bisa dicapai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar